PERAN GURU DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT

Biasanya, saya membahas tentang seluruh peran dan kegiatan serta aktivitas seorang guru di dalam lingkungan sekolah yang selalu berkaitan dengan seluruh perangkat sekolah. Guru wajib menjiwai pekerjaannya di dalam sekolah, guru wajib mempunyai pengetahuan yang luas dalam proses pembelajaran, guru harus mempunyai keterampilan yang hebat untuk menarik perhatian siswa, dan lain-lain. Lalu, bagaimanakah peran guru di lingkungan masyarakat? Bukankah sama seperti masyarakat biasa pada umumnya?

Ya, guru, polisi, pengusaha, tentara, presiden sekalipun akan dipandang sama dalam bermasyarakat. Sama-sama warga negara yang wajib menjaga kehidupan bermasyarakat dan bernegara tetap aman dan stabil. Berdasarkan Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang kualifikasi akademik dan kompetensi guru, menetapkan standar kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Jadi seorang guru itu menguasai teori-teori pengajaran, memiliki kepribadian yang tangguh sehingga dapat terhindar dari segala perbuatan yang melanggar etika, seorang guru juga memiliki rasa sosial kemanusiaan, serta seorang guru harus bisa menjalankan pekerjaannya secara profesional.

passion2

Peran guru sebagai pendidik (nurturer) merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan (supporter) tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Tugas-tugas ini berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lebih lanjut seperti penggunaan kesehatan jasmani,bebas dari orang tua,dan orang dewasa lain,moralitas dan tanggung jawab kemasyarakatan,pengetahuan dan keterampilan dasar,persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga,pemilihan jabatan dan hal-hal yang bersifat personal dan spiritual.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara keseluruhan, guru merupakan unsur strategis sebagai anggota, agen, dan pendidik masyarakat. Sebagai anggota masyarakat guru berperan sebagai teladan bagi bagi masyarakat di sekitarnya baik kehidupan pribadinya maupun kehidupan keluarganya. Sebagai agen masyarakat, guru berperan sebagai mediator (penengah) antara masyarakat dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dalam kaitan ini, guru akan membawa dan mengembangkan berbagai upaya pendidikan di sekolah ke dalam kehidupan di masyarakat, dan juga membawa kehidupan di masyarakat ke sekolah. Selanjutnya sebagai pendidik masyarakat, bersama unsur masyarakat lainnya guru berperan mengembangkan berbagai upaya pendidikan yang dapat menunjang pencapaian hasil pendidikan yang bermutu.

Kedudukan guru sebagai seorang teladan dan fungsi tanggung jawab moral di masyarakat menjadi tugas yang begitu berat. Mengapa? Karena baik secara langsung dan tidak langsung guru bertanggung jawab atas generasi bangsa yang dihasilkannya. Prilaku anak bangsa menjadi  salah satu tolak ukur bukti pendidikannya. Namun, bukan berarti ini menjadi tanggung jawab para guru sepenuhnya. Keterlibatan keluarga dan masyarakat di sekitarnya pun memiliki andil prilaku tersebut. Apakah norma dan nilai sosial yang ditanamkan selama pendidikan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Kita lah sebagai seorang guru yang bisa menjawabnya.

Seperti yang berkali-kali saya singgung setiap memberikan pelatihan tentang “how to be a great teacher”, jiwa atau ruh dari seorang guru itu sangat penting bagi badan individu yang berprofesi menjadi seorang guru. Tidak hanya di sekolah, jiwa ini pun harus selalu kita tampilkan dimanapun kita berada, baik di rumah dan dimasyarakat.

Sedikit pesan saya, di dalam masyarakat, jadilah guru yang tapi tidak menggurui, jadilah pendidik yang terdidik dan jadilah masyarakat dengan jiwa seorang guru. Salam … .

 

By :
Ferdinal Lafendry
Great Teacher Trainer
Assesor Pedagogis Gerakan Indonesia Mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>