Belajar Dari Finlandia- Catatan Perjalanan Menjadi Guru Terbaik

Mengapa Finlandia menjadi menarik untuk dibahas pertama menurut riset Organization for Economic Coorporation & Development (OECD) dan Program International for student Assesment PISA menempatkan Finlandia sebagai predikat terbaik pendidikan di dunia. Ternyata hasil riset dewan pendidikannya adalah kualitas guru. Kedua berdasarkan true story penulis selama mengadakan education visit lansung melihat bagaimana gurunya mengajar disana ternayata kemajuan pendidikan berkorelasi dengan tingkat kebahagian dan keamanan, berjalan di Finlandia begitu nyaman dan aman Kemandiarian, keceriaan, kegembiraaan dan kebahagiaan adalah sumber utama kemajuan pendidikan di Finlandia. Tahun 1970 pendidikan di Finlandia seperti benang kusut , namun setelah 10 tahun dewan kurikulum menenukan akar masalah pendidikan di Finlandia yaitu kualitas guru, kualiats SDM , Kebijakan pemerintah dan lingkungan, kemudian negara Finlandia berubah. Seyogyanya dengan pengalaman ini kita bisa mengambil ibroh dan duplikas I yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan culture di Indonesia.

Apa rahasia dibalik kesuksesan negara tersebut meraih predikat negara terbaik di Dunia,

Ketika penulis  wawancara dengan Dubes Finlandia untuk Indonesia bahwa di negara Finlandia masuk fakultas Keguruan dan pendidikan sangat sulit karena fakultas pavorit. Setelah ditanya mengapa fakultas keguruan menjadi pavorit  ..? menurut ibu Dubes ada dua fakultas favorit di Finlandia  yaitu Fakultas kedokteran dan fakultas Pendidikan. mengapa dua fakultas itu..? karena Fakultas kedokteran dan pendidikan adalah fakultas yang menyelamatkan nyawa manusia. Jadi dari hilir kualitas guru sudah sangat disaring bukian tidak terima dimana-mana baru masuk  fakultas tarniyah/ pendidikan. Jadi maasuk fakultas keguruan itu adalah anak muda terbaik bangsanya. The best in untuk bisa menjadi guru. ketika masuk fakultas keguruan itu memang menjadi pilihan dan prosesi yang prestise banyak pemuda yang ingin jadi guru dan menjadi guru memang keinginan dari diri sendiri, bukan karena pelarian atau dikarenakan tidak punya pekerjaaan. Menjadi guru sebagai batu loncatan. Sekiranyan awalnya ada dan sekarang sudah menjadi guru jadilakannlah profesi yang dimilki sekarang ini  menjadi pilihan utama, bangga dengan profesinya.

Ada hal yang menarik tentang paradigma orang tua terhadap guru di Finlandia Barangkali ini adalah rahasia mengapa Finlandia menjadi Negara Terbaik di Dunia :

1.Guru dan orang tua telah menjadi sahabat sejati. Orang tua di Finlandia sangat menghormati guru dan sekolah. Mereka  menganggap bahwa guru adalah orang tua mereka dan sekolah adalah rumah kedua

2.Orang tua di Finlandia memahami bahwa pekerjaaan mengajar adalah pekerjaan yang sangat komplek dan penuh dinamika, sehingga perlu didikung dalam semua aspek

3.Apabila guru mengalami kesulitan mengajar kepada seorang siswa  orang tua akan membantu semaksimal mungkin. Bukan malah sebaliknya  dengan menyalahkan gurunya. Padahal siswa belum tuntas dalam belajar

4.Guru itu pahlawan. Orang tua menganggap  guru adalah pahlawan bagi kesuksesan anak-anak mereka. Yang sering terlihat dirumah-rumah. Banyak siswa yang memajang foto guru di kamarnya , bahkan dengan ditambahkan dengan kalimat you are my inspiration tidak ada guru Killer

5.Pada awal anak masuk guru akan menjelaskan kepada orang  bahwa sekolah bukanlah tempat yang menyeramkan , yang menyebabkan tekanan batin dan ketegangan, sehingga dengan seluruh daya dan upaya para guru memahami kondisi intelektual dan emosional siswa bahkan psampai pada hal-hal yang kecil guru mampu melaporkan secara detail perkembangan siswa.

6.Orang tua menyampaikan kritik kepada pihak sekolah dengan cara yang santun. Sebab mereka memahami bahwa pekejaan guru bukanlah pekerjaan yang ringan. Guru senang menerima kritik karena menjadi saran yang membagun untuk bertumbuh lebih baik lagi .

Perjalanan penulis ke sekolah : Laonas Kilonpoisto Koulu. Merupakan sekolah yang terletak di kota Espoo. Penulis menanyakan kepada vice principal disekolah tersebut, ini adalah sekolah yang unggulan apakah jika saya pergi ke sekolah lain di di Finlandia juga unggulan. Jawaban vive principal vice principal Koulupoustu adalah sekolah disemua distrik di Finlandia adalah unggulan. Sekolah ini menggunakan dua Bahasa yaitu Inggris dan Finladia. Siswa kelas 7 dan 9 boleh memilih general class dan kelas sosio drama serta bilingual. Sekolah kedua yang penulis kunjungi adalah : Tikkurilan Swedish School. Sekolah memiliki akses yang terintegrasi dari semua guru, kepala sekolah, administrasi sekolah dan orang tua . Sekolah terintegrasi dan tersistem dengan baik. Terintegrasi dengan sistem IT untuk mengatur semua jadwal. Pembelajaran menggunakan pembelajaran pendidikan era abad 21  mula dari google classroom, kahoot moddle, dan contextual teaching & learning, misalnya pada musim summer student take a flower and to dry it

Sekolah wajib memiliki lapangan yang sangat luas untuk anak bermain, teacher room yang nyaman dan sangat hoomy, apa saja ada guru bisa membaca majalah, menum susu, coffe dan semuanya tersedia sehinga guru tidak hanya sejahtera juga nyaman dan banar-benar dihargai. Di Finlandia pendidikan guru mulai dari PAUD sampai SMA harus S2. Pendampinagn guru sangat personal, laporan anak diukur dengan perkembangannya sendiri dan deskriptif, kualitas pendidikan di Finlandia tidak hanya pada variasi metode dan proses kegiatan belajar mengajar melainkan didukung oleh lingkungan dan kualitas SDM sserta kebijakan pemerintah, sekolah membuat kurikulum sendiri disesuaikan dengan analisi kebutuhan anak didik. Menagapa mereka bisa karena SDM nya mampu membuat sendiri pemerintah hanya pada fungis regulasi dan kontroling kualitas. Mengaoa bisa ? menurut penulis dikarenakan gurunya rata-rata S2 yang mumpouni untuk membuat kurikulum.

Dewan kurikulum mencari tau penyebabnya mereka meriset selama 10 tahun beberapa hal yang diperebaiki . Sekarang ini banyak dari ahli- ahli pendidikan Finlandia ke luar negeri bahkan ada yang di Indonesia mereka ambil pekrjaan sebagai Konsultan Menjadi guru sangat dihargai sama dengan profesi dokter karena menyelamatkan nyawa manusia.

Bagaimana proses pendidikan di Finlandia ?

  1. Persyaratan sekolah harus punya ruang untuk bermain saya melihat 2/3 dari sekolah adalah ruangan lepas. Banyak tempat untuk anak bermain.
  2. Pendampingan guru sangat personal laporan anak diukur dengan perkembanganya sendiri dan direport deskriptif. Setiap guru memiliki laporam yang sangat detai terhadap, perkembanagan anak didiknya.
  3. Kulalitas pendidikan tidak hanya pada variase metode training dan proses KBM melainkan didukung oleh lingkungan dan kualitas SDM serta kebijakan pemerintah
  4. Setiap sekolah membuat kurikulum sendiri dan sekolah diminta untuk mengembangkan silabusnya masing-masing. Dewan kurikulum memastikan standar kurikululum tersebut.
  5. Di Finlandia murid Belajar begitu rileks, mereka boleh jalan, jalan, istirahat di sofa yang sudah disiapkan, suasana belajar benar-benar menerapkan Fun Learning/ sekolah menyenangkan.

Pada tahun 2018 berkesempatan mengunjungi negara terbaik pendidikan  di dunia , beberapa catatan penulis ketika berkunjung dinegara tersebut mencoba merumuskan 5 kunci keberhasilan pendidikan negara Finlandia, yang penulis rumuskan menjadi 5 K

kunci keberhasilan Pendidikan  Finlandia adalah :

  1. KESEJAHTERAAN : garu sangat dihargai termasuk gaji yang fantastis, gaji guru tidak kalah dengan gaji profesi yang lainnya nahkan lebih tinggi. 3250 UERO. Kesejahteraan ini tidak hanya gaji akan tetapi sarana dan prasara , transportasi sangat idela. Penulis pernah membeli tiket kerata api dalam kota seharga 18 UERO dan itu bisa dipakai selama 3 hari dan kapanpun bisa naik kereta dengantap setiap naik kereta api di Finland. Fasilitas ruang guru yang nyaman, bahka n samoai ada tempat duduk pijat jika guru merasa kelelahan. Maka kualiats pendidikan tidak hanya angka-anagka tetapi kekuatan soft skill sangat diberdayakan seperti kemandirian, kebersa,aan , interpersonal communication intinya adalah enguatan pada soft dan hard skill.
  2. KEBAHAGIAAAN : : kebahagiaan adalah hal yang palin utama di Finlandia Happy student sama dengan happy teacher.Kegembiraaan anak adalah sumber kualitas SDM.
  3. KESEHATAN (Makanan Sehat), obesitas dicegah  sampai pada penerbangan  International Pasennger ditimbang dulu, diukur sebelum naik pesawat, sangat memperhatikjan gizi anak. Disetiap sekilah ada ahli gizi yang stanby untuk mengontrol makanan anak-anak di sekoilah semuanya sudah diukur dengan standar yang ketat. Penulispun merasakan mencoba sarapan dan makanan disekolah kulonpoutu Finlandia. Makan dengan yogurt , dan jenis makanan lainnya yang sudah diukur standar gizinya, mengambil makanan sendiri, berbagai makanan yang telah tersedian dengan ukuran yang telah ditentukan, lalu setelah makan bawa ke dapur lalu piring dan gelas  dicuci dengan mesin. Jika mau mebuat anak bergizi mulaim usia 0-2 tahun dankemudian lingkugan mendukung.
  4. KARAKTER : Komunikasi dan parenting sangat diperhatikan sehingga mental dan perkembagan anak sangat detail diobservasi dibimbing dan sagat personal. Mannernya bagus mudah bersosialisasi bukan robotic. Ajari anak dengan cinta kasih maka anak akan cinta kasih sama orang lain. Unggul dalam Soft Education, Mind set dari kecil sudah dididik sehinga ketika sudah dewasa itu menjadi habit dan kebiasaan.

e.KUALITAS GURU :  Eropa sekarang menerapkan Riset dan Inovation dan didukung oleh SDM yang handal. Meraka sangat concern dalam peningakatan kualitas pendidik. Rahasia keberhasilan pendidikan di Finlandia begitu banyak salah satu yang menonjol adalah Guru mengajar karena panggilan jiwa. Profesi guru adalah pilihan bukan pelarian. Sebagaimana sudah disebut di awalbahwa guru adalah profesi yang mulia dan menjadi sebuah kebanggan. Maka kualiatas mereka sangat diperhatikan.Untuk melahirkan guru yang berkualitas dapat memperhatikan tiga hal berikut : Kuatkan Motivasi, LUaskan Pengetahuan dan Tingkatkan Keterampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>