4 KATEGORI GURU

Pembagian  kategori guru ini pertama kali dicanangkan oleh William Arthur Ward salah satu pakar dan praktisi  dunia pendidikan terkemuka  dengan Qoute yang sangat terkenal yaitu :

“The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires” – William Arthur Ward

1. MEDIOCRE TEACHER (Tells)

Pertama kali kita mendengar kata “medioker” saja rasanya tingkatan kategori guru ini sangat rendah sekali. Inilah kategori guru yang sangat menjengkan bagi sebagian besar siswa. Beberapa ciri yang paling menonjol dari guru medioker adalah monoton, mata lebih banyak melihat buku dan membacanya, selalu duduk atau berdiri di depan ruang kelas, pendapat yang mereka keluarkan bersifat absolut dan masih banyak lagi. Dari beberapa pelatihan yang saya pernah lakukakan, mayoritas perilaku guru saat mengajar masih dalam tahap ini. Guru medioker ini terkesan pergi ke sekolah hanya untuk menggugurkan kewajibannya sebagai seorang guru. Bayangkan saja selama 2 x 45 menit jam belajar, siswa hanya mendengar suara guru dan pemandangan kelas yang sangat amat monoton. Saya selalu katakan disetiap pelatihan yang saya berikan, “bagi anda yang merasa masih pada tahap ini, segeralah berhenti menjadi seorang guru, atau cepat bergegas untuk berubah!”.

2. GOOD TEACHER (Explains)

Good teacher, merupakan kategori dimana guru satu langkah lebih baik dibanding guru medioker. Guru pada tahap ini selain mampu berceramah berdasarkan buku, mereka juga bisa menjelaskan materi dengan analisa yang baik dari latar belakang ilmu yang dimilikinya. Selain itu, gaya mengajarnya juga masih bersifat teacher center .

Nah, teacher center ,kondisi dimana kesan diskriminasi terhadap pendapat siswa terjadi di dalam ruang kelas. Ada sedikit anekdot yang mungkin bisa menggambarkan seperti apakah kondisi teacher center tersebut, “Pasal 1 : Guru selalu benar, Pasal 2 : Jika guru salah, kembali pada pasal 1. Cukup menggelitik namun cukup masuk diakal untuk menggambarkan bagaimana kondisi teacher center itu.

3. SUPERIOR TEACHER (Demonstrates)

Kebalikan dari good teacher yang teacher centered , superior teacher telah membuat suasana kelas menjadi lebih interaktif dan kreatif. Guru yang superior malakukan cara atau mendemonstrasikan dengan dasar materi pembelajaran kepada siswa.Guru pada jenis ini sudah jauh lebih baik dibanding 2 jenis sebelumnya.

4. GREAT TEACHER (Inspires)

Jenis guru ini lah yang sangat dibutuhkan bangsa ini maupun dibelahan dunia manapun. Jenis guru yang selalu diharapkan oleh semua peserta didik. Great Teacher mampu menentukan dan menemukan arah dan masa depan peserta didik yang dampaknya  otomatis guru itu akan menjadi teladan siswa dan dikenang sepanjang masa. Untuk itu, kehadiran great teacher sangatlah penting untuk melahirkan siswa yang berkarakter mulia.

 

Guru terbaik (great teacher) adalah guru yang menginspirasi siswa.  Setidaknya, untuk menjadi  guru terbaik diperlukan tiga hal penting yang harus dipersiapkan guru, yaitu: 1. Motivasi, 2. Pengetahuan dan 3. Keterampilan.

 

Terdapat di kategori apa kah kita? Mau kah kita upgrade diri kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>